5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Motor Terobos Banjir - Audume.com

Breaking

Selasa, 25 Februari 2020

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Setelah Motor Terobos Banjir

Selamat kalau kamu baru berhasil mengendarai motor melewati banjir. Jangan senang dulu, segera lakukan beberapa tindakan ini supaya motor tak masuk angin dan performa tunggangan kamu tak terganggu.

Menerobos banjir sejatinya sangat tidak dianjurkan. Terlalu banyak risiko yang mungkin muncul yang bisa membahayakan pengendara motor. Tapi kadang kita tidak punya pilihan lain kecuali melewati genangan air yang lumayan tinggi itu. Kalau kamu sudah berhasil melewatinya, ada beberapa pemeriksaan kecil yang harus kamu lakukan pada motor.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan setelah menerobos banjir:

1. Periksa Ban

Saat berkendara melewati banjir atau genangan air, kita tak bisa melihat permukaan jalan. Mungkin kita tak menyadari, bisa saja ban motor melindas benda-benda tajam seperti paku atau pecahan kaca. Pastikan ban diperiksa dengan baik supaya benda-benda tajam itu tidak membuat ban bocor. Jika benda tajam itu dicabut, pastikan apakah menyebabkan kebocoran.

2. Cek Pengereman dan Kopling

Rem dan kopling dioperasikan menggunakan kabel. Setelah terendam air wajib dicek apakah terjadi korosi (karat) pada kabel-kabel tersebut. Korosi bisa menyebabkan kopling dan rem menjadi keras, ini tentunya membahayakan.

3. Beri Pelumas pada rantai

Air kotor yang mungkin bercampur lumpur merendam rantai motor saat kita menerobos banjir. Ini berpotensi memunculkan korosi, yang pada akhirnya menurunkan performa rantai. Segera bersihkan ratai dan juga beri pelumas.

4. Bersihkan sampah yang menempel

Hampir pasti terjadi, banjir membawa serta sampah-sampah dalam jumlah yang tidak sedikit. Mulai dari daun kering, plastik pembungkus makanan, potongan kain dan lain sebagainya. Jika benda-benda itu tersangkut di ban depan, bisa mengganggu rotasi ban. Bahkan bisa sangat membahayakan. Bersihkan dengan teliti jangan sampai ada yang tertinggal.

5. Awas sensor-sensor rusak

Motor-motor kekinian telah dilengkapi teknologi canggih seperti ABS, cornering ABS, traction control, pilihan mode berkendara, sampai suspensi yang bisa disetel. Satu hal yang harus diingat, motor tidak 'waterproof'. Menerobos banjir mungkin saja memengaruhi kerja sensor-sensor tersebut. Lakukan pemeriksaan ke bengkel resmi untuk menghindari kerusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar